Selasa, 10 Januari 2023

Seputar Dunia Badminton / Bulutangkis

Hmm.. Udah lama juga Ane kaga nulis mewarnai blog ane yee.. 😇

Padahal banyak cerite yang tak sempet ane bagikan dan ane rasa ngga perlu juga ane tulis wkwkkw..

Prolognya udah nih Gan.

Intro 

Intinya Ane mau cerita singkat aja (Yakin bakalan panjang dan bersambung) tentang dunia badminton sampai akhirnya ane ikutan main bareng Bolalob dan Kaskus. Nah, tentang badminton jangan diragukan lagi ya gan, ane sukak, ane cinta, ane jatuh hati dari sebelum dilahirkan (barangkali aje). Hingga akhirnya, Ibu Bapak Ane ngasih nama yang ada embel-embelnya mantan Juara Olimpiade Musim Panas di tahun kelahiran ane. Ya siapa lagi kalo bukan Jawara badminton tunggal putri Indonesia besutan klub PB Jaya Raya, Susy Susanti.

Mengenal dan Mulai Belajar Badminton

Lalu gan (seinget ane kelas 3 SD) ane yang suka baca ini, nemu buku pelajaran Bahasa Indonesia yang isinya menceritakan kejuaraan olimpiade Susi Susanti bersama suaminya Alan Budi Kusuma. Wah, ada nama belakang ane nih di buku, pikir ane waktu itu. Dari situlah ane baru tau siapa sosok Susi Susanti dan mulai gemar-gemar mencari tau tentang bulutangkis. Ane kadang ikutan maen sama paman bibi ane sambil rebutan 1 raket yonex yang menurut ane enak buat nangkis bulu. Udah nih yee, tau-tau ane masuk SMP favorit ane. Masa sekolah ter-fave ya jaman SMP. Jadi sekolah ane support berbagai macam kegiatan. Mulai dari kesenian (reog, gamelan, musik sampe ane suka lagu barat tahun 70-90an ya dari sekolahan sama ibu ane yang gemar koleksi kaset rock-metal ballad), olahraga (badminton, tenis meja, tenis lapangan mainnya di lapangan polsek, basket,  rugby dan olahraga lain pada umumnya), drumband, mesin ketik tempo dulu dll yang bakalan panjang kalo ane sebutin semua. Akhirnya ane ijin ibu ane buat ikut ekskul badminton, jadwalnya senin & kamis dalam seminggu (udah mirip puasa sunnah yee).  

Hari pertama dateng sekitar 25 orang dan ceweknya cuma beberapa. Dipasang-pasangin tuh biar ada lawannya nepok bulu. Pertama masuk diajarin teknik service pendek sama panjang. Lumayan panas dilapangan outdoor. Memasuki hari kedua ekskul, makin lama pak guru ane makin perhatian banget sama ane yang salah mulu katanya waktu service panjang. Padahal tiap ane perhatiin yang lain banyak juga service sama mainnya nggak pakai teknik tapi ngga kena marah kayak ane disamperin mulu. Sampe ane mau nangis gan pas pulang dijemput sama ibu ane, kalo nggak salah ane sempet bilang ke ibu ane nggak mau berangkat lagi, trus diajak mampir ke minimarket deket sekolahan dibeliin jajan coklat sama eskrim. Dan ane mau berangkat lagi minggu depannya hehe.

Di ekskul ketiga nih, pesertanya mulai berkurang tinggal 19 orang. Ganjil dong, ane bingung nih main ama siapa. Bagai 'Mendung tanpo udan' gan, Pak guru nyamperin ane dan suruh lawan beliau.. OMG, bisa2 salah service lagi bakal dimarahin nih pikir ane. Akhirnya ane hadapi, mau ijin pulang ga mungkin. Jadi waktu itu ane serasa lagi main bulutangkis sama Bung Broto. Eh, tapi 1 jam berlalu, ane kaga dimarahin serius gan, malah pak guru salut sama teknik smash ane. Jadi waktu main sama pak guru, ane kerahkan semua tenaga ane yang waktu itu masih aktif ikut karate juga. Pulang-pulang badan ane linu-linu, biru-biru siku ane nempel-nempel paving. Singkat cerita ya gan, ane naik kelas 2 pak guru udah nggak ngadain lagi tuh ekskul badminton, kayak yang kesehatannya lagi kurang fit butuh istirahat lebih. Bagaimanapun ane makasih banget, jadi tau dikit ilmu bulutangkis dari pak guru supaya nggak cedera/ linu-linu lagi saat bermain bulutangkis. Kala itu jawara bultang yg ane inget cuma Taufik Hidayat, Bung Ricky, Bung Candra, Mbak Mia apa ya kalo nggak salah. Sama komentatornya pasti ada Bung Broto ama mbak Yuni. Memasuki SMA, Jagoan bulutangkis ane makin banyak, nangis tuh pas TH pensiun main wkwk. Waktu itu seneng banget kalo pemain ganda Simon-Hendra-Ahsan sm Greysia-Liliyana nongol. Belum lagi pas udah kerja, rame di asrama semua blok pada teriak-teriak kalo Jojo nongol rame banget tuh.

2022, Main Badminton Bareng Bolalob X Kaskus

Sampai suatu hari, ane liat di medsos kaskus ditandai sama bolalobbadminton. Wih lucu seru banget ngajakin badminton kuy gratis di GBK. Ane yang waktu itu belom lama balik ke sekitaran Jadetabek tertarik, tapi eh kaga ada gear yang mensupport dan masih rada takut buat kumpul-kumpul pasca covid. Ane liat tiap bulan diadain 2x, akhirnya ane ikutan diundang juga tuh sama mimin buat maen di Taufik Hidayat Arena.

THA (Taufik Hidayat Arena) - October

Ini gedung THA, suka sama arsitektur dan art ngelobnya

Berangkat ane dari Kota X menuju Cipayung (Ciumbrella), bermodal kartu Flazz dari Stasiun X menuju St. Pocin dengan suasana gerimis pukul 17.00 WIB. Wah, 1 jam lagi keburu ngga nih acara mulai pukul 18.00 WIB. Gas bersama driver grab bapak2, penuh tanya karna ane bawa raket.

Bapak2 Driver: Ini beneran mau ke GOR Taufik Hidayat dek?

Ane Penumpang: Betul pak (sambil tengok kanan kiri kok makin gerimis)

Bapak2 Driver: Mau tanding atau ada pertemuan sekolah dek? Kok jauh banget ke Taufik hidayat?!

Ane Penumpang: Mau main aja pak. (sambil buka tutup kaca helm, lah kok pertemuan sekolah dalam hati ane )

Bapak2 Driver: Main turnamen sekolah atau tanding klub mana? 

(Tanya Si bapak yang masih kujawab dengan main aja pokoknya. Sambil bilang Oke, si bapak driver langsung Gasss, sat set banget ambil rute di antara kemacetan parah sore itu. Lumayan jauh ya gan lokasinya naik turun tapi udaranya seger gerimis cuacanya).

Akhirnya sampe juga di THA, ga tanggung2 dianterin sampe depan pintu masuk. Dan ane langsung disemangatin sama bapaknya.

 "Semangat ya dek, semoga menang".

 Lah masih dikira tanding, ane iyain aja dah biar cepet turun. Pas mau turun gan, ane disamperin abang2 yang lagi ngerumpi di depan gedung.

Abang2: Mau kemana kak?  dari SMA mana kak?

Ane: Mau bulutangkis disini kak. (Kaga jadi ane nurunin kaki, lagi2 ane dikira anak sekolah. namun kali ini udah naik tingkat ke SMA, biasanya dikira masih SMP)

Abang2: Kakak dari SMA mana? (masih maksa ane nyebutin SMA mana)

Ane: bukan dari SMA kak, yang dari kaskus mau bulutangkis.

Abang2: Oh bulutangkis yaudah langsung masuk, di lantai 2 ya kak.. 

Akhirnya ane turun juga dari motor, si bapak2 driver masih teriak semangatin ane semoga "menang.." yaudahlah ya makasih aja pak. Pas masuk cakep bener ini kayak istana tapi kok gelap. Ane langsung menuju toilet dan mencari mushola, rame banget bapak2 di depan pintu. Akhirnya ane menaiki tangga, ada bocil angkat2 kursi turun tangga sama abang2 yang lagi ngarungin sampah botol plastik banyak banget. Mulai panik nih, bingung dilapangan berapa anak kaskus sama bolalob. Jadi gan di THA ini ada 8 lapangan (4 lap dikiri dan 4 lap di kanan tangga). 

Teknik memukul serangga ini gan

pertama kesini, duduk pas di posisi fathia berdiri. Pas moment ini mba Wid tuh lagi keliling motret sambil naik2 tribun utama yang tinggi banget gan, duhh !!

Lapangannya luas dan ada tribun buat penonton. Dahlah ane nyamperin mbak-mbak yang lagi nemenin doinya main. Dan sama mbaknya dikasih tunjuk banner kaskusXbolalob di tribun sebrang ujung, ane liat ada Abang2 bawa cerobong asap kamera tele, si mimin (ngga usah ane sebutin namanya khawatir dia diculik). Dan waktu itu ane lewat cuma nunduk sambil permisi dalam batin, trus suruh main di lapangan nganggur no 8 bareng bestie2 mimin sama anisya (banyak banget yang namanya "nisa" di lob kaskus).

Tribun favorit ane, duduk sampingan sama anisa yang lainnya

Partner ane anak 11 tahun

 Akhirnya setelah sekian purnama ane bisa ngeluarin keringat pasca covid, seneng aja rasanya gan bisa olahraga dan bertemu orang-orang yang hobi badminton. Bermodal skill biasa dengan gerakan terbatas, karna memang bahu kanan ane sering nyeri. Awalnya ragu takut mau main badminton lagi takut gerakannya bikin tambah nyeri. Tapi ternyata tidak, perlahan makin kesini sering main malah sembuh berkat stretching rutin dibarengin badminton kok malah enakan nih bahu. Ternyata badminton juga memperbaiki kualitas tidur ane yang sedikit berantakan.

Anak2 tim bolalob yang lucu2 yang bikin betah di lapangan

Pulangnya barengan mas2 sm mba2 orang jogja dianterin sampe kota X. 2 hari berikutnya mulai terasa keram2 karna emang udah lama ga olahraga yang ekstra hahahaaa..

Moment foto ceria bersama di THA

Gelora Bung Karno (GBK) Arena - November

Kali ini dapet ikutan main di GBK Arena. Tempatnya pas di seberang Gedung Basket GBK di jalan Asia Afrika. Pas masuk ane langsung mencari mushola dan sama security ditunjukinnya yang lantai basement supaya ane bisa liat area parkir kendaraan kali yee. Disana ane menemukan sandal bakiak gan. Jadi ane wudhu pake sandal itu berasa lagi lomba bakiak 17 agustus..hahaa

Partner Ane si Abang Jersey pink yang rambutnya bisa dikuncir. Support banget
Menang kalah yang penting menang eh ketawa maksudnya :D

Masih ragu mau ke lantai 2 atau 5C, tiba2 ketemu bocil di mushola. Karna si bocil liatin ane terus di mushola sambil senyum2, padahal ane kaga punya permen/coklat akhirnya langsung ane tanya lapangannya yang mana. Dia ngasih tunjuk dilantai 5 masih sambil senyum aja nih bocah sampe ane keluar, gemeshin banget emang. 


Menantikan shuttlecock kehadapanku


Ini Pejuang dokumentasi dibelakang layar, lagi saling bidik foto. Aku sama Aini bagaikan jarak penghalang diantara mereka  hahaa

Moment ketahuan lagi ghibahin mimin :peace
tiap lihat aini jadi ketawa inget mimin 

Wih ane telat donk 1 jam, padahal jam bermain cuma 2 jam. Hmm gpp yang penting ane maen dan keluar keringat. serasa atlet internasional laga turnamen kalo main disini gan, udah tempatnya adem kringet langsung terhempas kena AC ditambah lighting yang bagus bikin segala isi object terlihat dengan jelas dan nyata. Dan akhirnya ane main sama anisa2 yang lain. Pulangnya melipir GBK sama ainy ketemu soleh solihun yg dateng ke acara live music. Mampir makan sama sholat ashar di mall FX, pake baju olahraga sambil bawa2 raket dong bau2 keringet dengan penuh percaya diri.

Foto moment kebahagiaan di GBK Arena

Next ke THA lagi, seneng banget ke THA cuma lokasi sama jarak tempuhnya yang jauh dan syulit. Tiap ke THA dapet semangat dari driver karna dikira turnamen. Seru aja kalo kesini ga mau pulang. Karna mimin2 dan lob lain suka bawa anaknya yang lucu2. Jadi ya seseru itu kayak taman bermain. Ada mba Widy ex jurnalis PBSI yang nyempetin hadir bareng fatia yang super gemeshin.

Selfi bareng fathia, mba widy dan cerobong asapnya :peace

Thank you buat Bolalob & Kaskus yang sudah mensupport hobi badminton kami dengan memfasilitasi lapangan plus air mineral, dokumentasi serta pengalaman tak terlupakan heheheeeee.. Gokil2 emang. Moto andalan para wanita kalo bulutangkis ya tetep "Yang penting main asal keringetan"

Momen foto bersama di THA, ada Koko Yoshua yang  jauh2 Dateng dari Jambi

Pendek cerita, Ane ikutan badminton group bapak2 IT dkk di tempat kerja ane. Perkara beliau tiba2 farewell dadakan, padahal form ane belum dpt tanda tangannya, ehhh kok malah pergi duluan (entah gimana konsepnya).



Momen foto bersama anak badminfun (emang selucu itu namanya).

Ada Koh Rudi (tapi bukan Rudy Hartono apalagi  RudyRudyanto) dan Ko Fajar (tapi juga bukan Fajar Alfian) The minion & Daddiesnya Badminfun..

Ada anisa2 juga disini. selfie berempat udah kek blackpink.. Sedih banget foto rameannya lenyap dari galeri WA.. 

Foto yang bawah kanan pakai Seragam kejayaan, konon katanya seragam perdana. Dan launching kita pakai di awal tahun 2023 .. Udah mirip foto kebangsaan anak futsal kan?! Atau malah mirip foto gathering liburan keluarga.. 😇 Dahlah ya, kalian bebas berargument..


Panjang kan ceritanya.. Sepanjang perjalanan badminton yang penuh kenangan dari masa sekolah.. Tulisan ini sekedar buat menyambung memory ingatan yang kadang tertimbun penat kemacetan dijalan gan.. (documentasi foto diatas banyak bersumber dari tim bolalob..)

#defistory #badminton #bulutangkis #GBKArena #TaufikHidayatArena








Tidak ada komentar:

Posting Komentar